Review: Wardah White Secret Exfoliating Lotion & Scrub

November 24, 2017

Tertulis di description product-nya, Wardah White Secret Exfoliating Lotion ini mengandung AHA Natural untuk membantu proses eksfoliasi yang mempercepat proses regenerasi kulit dan menyamarkan noda hitam di wajah. Sounds inviting, ya kan?

Kondisi kulitku yang banyak noda hitamnya emang udah lama bikin pusing. Gara-garanya, dulu waktu masih SMA sampe awal kuliah nggak cukup telaten ngerawat kulit, dan karena kondisinya yang berminyak, jadi lumayan sering jerawatan. Nah, seiring berlalunya waktu, si bekas-bekas jerawat itu ternyata nggak mau ilang dan malah bertransformasi jadi noktah hitam yang tersebar di beberapa area wajah, kebanyakan sih di area-area samping muka. Bahkan saking banyaknya, ada beberapa temen bule yang ngira noda-noda itu itu freckles kayak punya mereka. What!?

That's why, aku suka gampang terbujuk kalau ada produk-produk yang mengkampanyekan bisa menghilangkan noda hitam. Apalagi setelah baca-baca di beberapa review, si Wardah ini dibilang juga bisa menghilangkan komedo, karena ada kandungan AHA-nya itu. Makin terbujuk lah sayah! Soalnya, noktah hitam di mukaku bukan cuman diisi si bekas jerawat aja, tapi juga komedo-komedo hitam yang bandel banget nggak mau ilang meski udah diapa-apain! Asli bikin keki banget masalah perkomedoan ini, udah dikasih masker segala macem mulai dari yang bahan natural macam putih telor, lemon, gula, oatmeal, sampai pake produk pabrikan mulai dari scrub ini itu, masker ini itu, teteeeep aja doi nangkring di muka! Dan penyebarannya udah bukan di sekitar area idung lagi, tapi juga di sekitaran dahi, bawah mata, sampe dagu juga. Parah nggak, sik!?

Berbekal tekad mau terus berusaha memerangi noktah-noktah hitam, akhirnya kubeli juga dua produk Wardah dari series White Secret ini. Pertama beli yang exfoliating lotion dulu, dapet harga lumayan murah waktu itu, cuman Rp 65.000, dengan botol yang lumayan gede dan isinya cukup banyak.




Teksturnya cair, mirip toner. Jadi mentang-mentang namanya lotion, bukan berarti dia harus thick macam body lotion gitu, ya. Caraku mengaplikasikannya pake kapas, karena dia tujuannya memang buat exfoliate dan mengangkat sisa-sisa kotoran di muka, dan memang dipakainya di skincare routine yang malam hari. Urutan pemakaianku biasanya setelah bersihin muka pake makeup remover dan cuci muka pake face wash, baru lah pake produk ini, setelahnya baru dilanjutin dengan pemakaian face toner buat efek calming, lalu terakhir pake pelembab.




Di masa satu minggu percobaan, aku pake produk ini cuma 2 hari sekali, karena masih takut muka malah jadi iritasi kalau langsung diexfoliate tiap hari. Ternyata selama satu minggu itu nggak ada efek negatif di muka, malah kerasanya muka jadi sedikit lebih alus, mungkin karena sel-sel matinya jadi keangkat. Minggu berikutnya, aku mulai pakai rutin setiap malam, dan ternyata juga nggak menimbulkan efek negatif sama sekali.

Untuk efek bikin muka lebih cerah sih nggak terlalu keliatan, ya. Cuman memang tujuanku pakai produk ini juga bukan ngejar whitening effectnya. Efeknya sih lebih ke muka jadi lebih bersih, lumayan berhasil ngilangin whiteheads, tapi kalau buat blackheads, sayangnya nggak ngaruh-ngaruh amat, tetep aja tuh nangkring di muka (sigh). Tapi setelah pemakaian yang lumayan lama, hampir 3 bulan, ada beberapa noda hitam kecil-kecil yang agak memudar. Atau mungkin butuh pemakaian yang lama ya baru bisa keliatan banget efeknya? Yah, semua yang berhubungan dengan perawatan muka memang butuh ketelatenan tingkat tinggi, sih.


Produk selanjutnya, si Wardah White Secret Exfoliating Scrub waktu itu kubeli setelah hampir sebulan pake exfoliating lotionnya, seharga Rp 22.000. Murah. Sebenernya tujuan mereka diciptakan hampir sama ya, buat exfoliate muka. Tapi karena mereka beda wujud dan teksturnya, tetep juga aku terbujuk untuk membeli. Beda sama yang lotion, si scrub ini wadahnya berbentuk tube. Teksturnya kayak cream gitu, warna putih, tapi nggak terlalu thick.


Sebelum pakai produk ini, aku juga udah sering pakai face scrub yang punyanya Mustika Ratu, yang kemasan warna ijo itu. Kalau dibandingkan, butiran-butiran scrubnya lebih banyak yang Mustika Ratu, dan somehow lebih cepat keringnya ketika diolesin di muka ketimbang si Wardah ini. Cuman, waktu proses scrubbing-nya, aku lebih suka pake yang Wardah, kerasa lebih lembut aja dan nggak terlalu nyakitin kulit muka.

Biasanya produk ini kupake seminggu sekali, dan tiap kali lagi make dia, aku skip untuk menggunakan si exfoliating lotion, rasanya nggak perlu juga kan exfoliate muka sampai 2x, bukannya bersih ntar malah iritasi yang ada kulitnya. Dan biasanya, setelah kelar scrubbing aku lanjutin dengan maskeran, kadang pakai maskernya Emina Green Tea Latte Face Mask, kadang pakai Garnier Matcha Deep Clean (Clay Mask), atau cuma pakai lidah buaya yang tinggal motong aja dari potnya yang ada di balkon depan kamar. Efeknya di muka jadi bersih, dan berasa licin. Sama kayak si exfoliating lotion-nya, setelah pake scrub ini whiteheads berasa keangkat semua, cuman kalo blackheads, yha tetep, tidak bergeming..

Overall, produk ini lumayan bagus dan berfungsi untuk tujuan exfoliate sel-sel kulit mati di muka, sejauh ini yang udah berasa efeknya sih, bikin muka jadi bersih. Poin plusnya sih, murah, dan wanginya enak, jadi tiap ngoles-ngolesin di muka berasa kalem gitu. Buat para petualang produk yang menjanjikan bisa ngilangin noda hitam dan blackheads, ini sih worth to try. Mungkin cuma perlu ketelatenan aja dalam pemakaian produknya. Tapi, yang perlu selalu diingat, tiap produk yang kita coba belum tentu bisa cocok untuk semua jenis kulit. Kebetulan aja mukaku nggak sering bermasalah dan bukan pemilik tipe kulit sensitif, jadi produk ini tergolong super aman di mukaku.




You Might Also Like

21 comments

  1. yeaayy... saya juga pernah nyoba yang satu ini, pasdiaplikasiin enak yah dingin seger ke wajah juga, saya juga suka sama cleansernya, kalau toner tetep setia sama lightening seriesnya..
    salam kenal kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi, salam kenal kak Inna! Iya betul, baunya juga seger dan calming banget, jadi menikmati banget momen-momen pas diaplikasiinnya di muka :D

      Delete
  2. Noda" hitan itu namanya bopeng bukan? Muka ku juga sering banget ya jerawatan gitu terus bekasnya item" dan susah ngilanginnya. Mau coba pake wardahexfloating gel ini tapi masih kurang yakin bakalan cocok apa nggak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi Riya! Kalo di mukaku biasanya lebih kayak flek hitam gitu, kadang-kadang sampe keliatan kayak tahi lalat saking bekasnya jelas banget :D Produk ini emang nggak bisa keliatan langsung efeknya, komedo-komedoku pun belum bisa ilang tuntas, butuh pemakaian jangka panjang sepertinya ya..

      Delete
  3. Replies
    1. Mungkin info ini bisa membantu:
      https://www.wardahbeauty.com/dokter/detail_question/761

      Delete
  4. Mbaa mau nanya nih. Cara pake scrub yg bener gmna sih?? Stelah di cuci muka nya. Atau sebelum cuci muka hahaa. Trus stelah discrub itu dibilas atau dilap aja pake kapas basah atau tisu yg basah???

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Aku sih biasanya abis bersihin wajah pake micellar water, trus basahin muka pake air dulu, baru aplikasikan produk scrubnya supaya kulit nggak iritasi, digosok-gosok sekitar satu menitan, didiamkan sebentar sampe agak mengering, trus bilas pake air sampe bersih. Aku nggak pernah pake facewash lagi setelahnya, karena muka pasti udah bersih kalo abis scrubbing, jadi bisa langsung pake toner dan pelembab.

      Buat referensi lain, boleh baca di sini juga:
      https://www.womenshealthmag.com/beauty/a19775624/how-to-exfoliate-face/

      Delete
  5. Kak ini wardah exfoliating scrub hampir sama dengan peeling wardah atau gak ya? Soalnya temen aku suruh nyoba pakai peeling terus pas aku beli mbanya ngasih exfoliating scrub... Dan katanya kalau abis pake exfoliating scrub akan lebih bagus kalo pake facial mask..sama atau gak yah ? Heheheh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Kalo setauku scrub dan peeling beda sih. Scrub biasanya ada butiran-butiran kecil yang tujuannya buat menghaluskan kulit, deep cleansing, menghilangkan komedo, dan lebih cocok buat yang kulitnya normal, karena dia punya butiran-butiran itu bersifat abrasif jadi kurang oke kalo buat kulit sensitf. Peeling biasanya bertekstur krim atau gel, disarankan buat yang kulitnya sensitif dan kering. Secara fungsi sih sebenernya nggak terlalu beda jauh, peeling bisa buat deep cleansing juga, bersihin pori-pori dan bikin kulit wajah lebih lembut. Semoga membantu ya infonya :)

      Delete
  6. Kakk , exfoaoating di aplikasiin ke wajah sebelum atau sesudah essense ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halooo.. kalo aku memfungsikan produk-produk exfoliating ini buat deep cleansing, jadi pakainya sebelum toner dan essence :)

      Delete
  7. Mbak, sebenarnya exfloating lotion itu dipake sebelum scrub atau sebaliknya, soalnya kalau di buku petunjuknya lotion dulu baru scrub? Mohon di jawab mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo Kak Desi, setauku produk exfoliating lotion dan scrub itu fungsinya sama, untuk eksfoliasi, jadi tidak disarankan makenya barengan. Secara tekstur dua jenis produk ini emang berbeda, tapi kalo keduanya dipake bersamaan kuatir kulitnya malah iritasi. Kalo aku biasanya pakenya gantian, yg exfo lotion aku pake 3-4 kali seminggu, kalo yang scrub aku pake seminggu sekali :)

      Delete
  8. Mbak, sebenarnya exfloating lotion itu dipake sebelum scrub atau sebaliknya, soalnya kalau di buku petunjuknya lotion dulu baru scrub? Mohon di jawab mbak

    ReplyDelete
  9. Aku liat komposisinya ko ada polyethylene nya ya...
    Bener gak sih ?
    Karna polyethylene itu kek sejenis bahan untuk plastik...
    Coba dong kaka , mohon di liat komposisinya ... Apa aku beli yg fake apa gimana ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Polyethylene ini bahan yang sering dipakai di banyak produk kosmetik kak, terutama buat produk-produk scrub, baik yang buat muka ataupun badan. Butiran-butiran kecil alias microbeads itu tuh asalnya dari si Polyethylene ini. Bahan ini umum dipakai di banyak produk, tapi mungkin ada beberapa jenis kulit yang nggak bisa bersahabat sama bahan ini. Kalo buat kulitku sendiri sejauh ini nggak ada masalah kok. Cumaaan, buat yang concern sama isu lingkungan, banyak orang yang kontra sama bahan ini, karena si microbeads itu nggak bisa terurai, malah jadi limbah berbahaya. Makanya banyak yang lebih suka pake produk scrub dengan kandungan bahan organik, misalnya produk scrub-nya St. Yves yang laris manis itu.
      Mungkin info di web ini bisa membantu kak:
      https://cosmeticsinfo.org/ingredient/polyethylene-0

      Delete
  10. Hai kak..mw tanya donk ttg blakchead kakak stlah pmakaian produk apa baru bisa ilang kak?soalnya aku jg banyak banget ada komedo item2 diidung.mohin info ya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo! Sayangnya enggak sih, haha.. nggak tau ya, blackheads-ku yang di idung emang bandel banget, udah coba macem-macem produk tetep nggak juga ilang. Sampe sekarang pun petualangan menumpas komedo masih belum usai, hahaha.. Tapi kalo buat ngilangin whiteheads, di aku ini lumayan ngefek kok.

      Delete
  11. Ka jadi urutanny tuh abis fase wash scrub terus toner?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai! Iya betul, tapi kalo lagi males sih aku seringnya skip pake face wash. Jadi setelah bersihin muka pake micellar water atau make up remover, aku langsung basuh muka pake air dan aplikasiin scrub-nya.

      Delete