Warung Kopi Klotok Jogja, Menikmati Kopi Ndeso dan Pisang Goreng Terenak Nomor 2 di Dunia!

March 28, 2018

Hari itu kita sudah bangun sedari Subuh, lalu menembus angin dingin di kaki gunung Merapi dari atas Jeep jadul yang masih gagah perkasa melibas jalanan berbatu di tengah kondisi gelap gulita. Menanjak-nanjak ke lereng gunung, mengejar waktu demi bisa menyaksikan matahari terbit yang mempesona dari lereng Merapi. Lalu di tengah harinya main offroad di sungai jernih yang mata airnya berasal dari Merapi, sampai  basah kuyup dan sedikit menggigil kedinginan, tapi girang banget. Setelahnya, masih mampir main sama kelinci dan domba di Agrowisata Bhumi Merapi yang seru banget. Keasikan foto-foto seru sampai nggak sadar matahari udah tinggi, perut mulai keroncongan karena belum makan apapun dari pagi. Akhirnya heboh lah kita nyari-nyari rekomendasi tempat makan yang masih satu arah dengan rute kembali ke pusat kota Jogja, dan ketemu lah dengan Warung Kopi Klotok yang sedang ramai dibicarakan netizen di media-media sosial. Kita pun memutuskan untuk mampir!

Tampak depan, bangunannya berbentuk Joglo
Lokasi warungnya agak terpencil ya, untuk sampai ke sana kita harus lewatin gang-gang kecil di tepi sawah yang suasananya khas di pedesaan gitu. Begitu sampai di lokasinya, dari luar sama sekali nggak keliatan kalau ini tempatnya rame, nah begitu masuk ke area parkir, ternyata full! Padahal hari itu hari Senin, dan denger-denger kalo wekeend tingkat kepadatan pengunjungnya jauh lebih tinggi, antriannya bisa mengular sampe keluar-luar bangunan. Kita masih beruntung waktu itu antriannya nggak seberapa, cuma harus agak bersabar aja nyari meja yang kosong. Setelah kelilang-keliling, ternyata hoki kita cukup bagus hari itu, dapet meja di area yang deket sama dapur.

Area makan yang ada di tengah-tengah dapur bernuansa jadul
Dapurnya masih pake tungku dan kayu bakar
Nuansanya beneran bikin nostalgia banget deh. Dapurnya masih pake tungku dan kayu bakar yang kayak jaman-jaman dulu, yang kalo masak harus sambil ngipas-ngipasin buat jaga bara apinya. Tapi ada beberapa kompor gas juga yang dipake buat bikin menu-menu gorengan. Berasa kayak lagi di dapur rumahnya mbah Kung-ku jaman dulu waktu keluargaku masih tinggal di desa. Super homey! Makannya model prasmanan pula, jadi semua sayur-mayur, segala macem lauk-pauk, beserta bakul nasinya disediakan di satu meja khusus. Menu yang disediain pun semuanya masakan-masakan khas rumahan. Beneran kayak lagi numpang makan di rumah mbah!

Kukelingin meja sambil megangin piring dan sendok duluan. Ada beberapa macem sayur lodeh, sayur bening, sayur sop, lele kuah pedas, tempe goreng yang tipis-tipis dan digoreng garing, trus ada menu bacem-baceman juga, ada 2 macem nasi, satunya nasi putih satunya lagi lupa apa namanya, nasinya kayak dibumbuin gitu, lalu ada tumpukan telur dadar yang konon katanya paling laris dan sering amblas duluan. Kuputuskan untuk ngambil nasi, sayur lodeh tempe, telur dadar, dan si tempe goreng yang masih anget semua, baru diangkat dari penggorengan rupanya. Rasanya? Aduh mak, kayak lagi makan masakan emakku (yang ngasuh aku waktu kecil) di desa dulu! Enak banget, sampe terharu! Mungkin rasanya bukan yang seenak resto-resto mahal gitu ya, cuman ya itu tadi, jadi enak karena ditunjang sama nuansanya yang bisa bikin kita melayangkan ingatan-ingatan di masa kecil. Sederhana, tapi juga mewah banget! Apalagi untuk orang-orang yang udah lama tinggal di kota, pengalaman kayak gini susah didapatkan lagi.

Combo nasi putih anget, sayur lodeh tempe pete, tempe goreng, dan telur dadar, ciamik!
Nggak berapa lama, ada 2 porsi jadah dan pisang goreng, dan juga kopi klotok yang jadi ikonnya warung ini, mendarat di meja. Rupanya Om Yestha dan Obbie yang pesenin. Begitu dibuka, widiih.. aromanya sedap betul! Lagi-lagi mengingatkanku pada kopi jaman dulu yang biasa diminum bapak (suaminya emak, yang ngasuh aku waktu kecil dulu) kalo abis pulang dari sawah. Harumnya khas kopi robusta yang digoreng pake cara lama: digoreng di wajan gede sampe biji kopinya jadi super item. Dark roast mendekati gosong. Kopi ndeso sih kalo bapak dulu biasa bilang. Begitu disesap, rasanya emang beneran kayak kopi ndeso yang pait dan manisnya balance, si kopi diracik nggak terlalu kental, dan diseduhnya menggunakan air mendidih. Khas banget seperti bikinan orang-orang jaman dulu, waktu kopi arabika dan premium-premium lainnya belum booming kayak sekarang. Kelemahannya kalo kopi jenis ini emang rasanya suka nggak tentu, kadang sedap buanget, kadang juga zonk, tergantung biji dan gorengan kopinya di hari itu.

Buat penutup, kita nikmatin jadah goreng yang masih anget, rasa gurih ketannya berasa banget, dan cukup ngenyangin juga karena potongannya lumayan gede. Trus yang paling istimewa nih, si pisang gorengnya! Asli enak banget, bikin ketagihan sampe aku ngabisin 3 potong padahal abis makan berat! Aku nggak tau sih pisang yang digunakan jenisnya apa, tapi teksturnya pas gitu, nggak yang terlalu lembek waktu abis digoreng, manisnya juga pas banget, nggak sepet, nggak bikin keselek biji, dan adonan tepung yang dipake pun juga enak. Di-combo sama kopi itemnya makin manteb! Saking enaknya itu, pisang gorengnya Warung Kopi Klotok ini jadi kuanugerahi gelar pisang goreng terenak nomor dua di dunia! Nomor satunya bikinan ibukku lah! :D

Kopi klotok yang termasyhur itu
Jadah goreng
Pisang goreng terenak nomor dua di dunia! Nomor satunya bikinan ibukku
Kelar makan, keliling-keliling lah aku di seputaran areanya warung. Di bangunan bagian belakang, ada area makan yang lebih luas dibanding yang dekat dapur tempat kita duduk. Penuh diisi manusia-manusia yang sedang menikmati makanannya sambil bercengkrama. Berikutnya, ada area teras belakang yang langsung menghadap ke hamparan sawah. Enak banget, bisa makan sambil nikmatin angin sepoi-sepoi. Lalu ada pelataran yang nggak diisi meja kursi, tapi di beberapa foto yang pernah kulihat, pengunjung juga bisa makan sambil lesehan di area latar situ kalo area makan di dalam bangunan lagi penuh banget. Seru lho, jadi kayak lagi piknik di pinggir sawah. Sebenernya sih areanya cukup luas buat menampung pengunjung yang super banyak, tapi kalo weekend seringnya tetep masih nggak muat juga. Makanya si pemilik buka satu lagi warung yang tak jauh dari lokasi pertama, dengan nuansa yang hampir sama persis, dan menu-menu makanan yang kurang lebih juga sama.

Area makan di ruang tengah yang nyaris selalu penuh
Banyak barang-barang jadul
Hamparan sawah di pekarangan belakang omah Joglo yang asri
Overall, menyenangkan sih makan di Warung Kopi Klotok Jogja ini. Bisa nikmatin masakan rumahan, nyeruput kopi ndeso sambil leha-leha, dan ngemilin pisang goreng yang super mantab itu! Recommended untuk para petualang kuliner, khususnya yang dari luar daerah Jawa, karena di sini bisa nyobain makanan tradisional khas Jawa Tengah. Oya, kata Om Yestha sih pegawai-pegawainya warung ini agak judes, mungkin karena kalo pas lagi rame mereka agak bete juga nanganin customer, tapi waktu itu kita nggak ngalamin digalakin ama mereka sih. Untuk harga juga termasuk ramah di kantong kok, rame-rame makan sampe kenyang pun nggak bakalan bikin mendadak miskin. Jadi, pastikan untuk memasukkan lokasi ini ke dalam destinasi kuliner favorit di Jogjakarta ya!

You Might Also Like

1 comments

  1. Mata Ayam Bangkok Aduan haruslah dalam kondisi yang bagus dan berkualitas ketika kita ingin menjadikannya sebagai Ayam Juara tak terkalahkan.

    Bagi sebagian botoh ayam memiliki cara tersendiri dalam memilih jenis mata ayam yang berkualitas dan bagus sesuai dengan yang diinginkan. Namun sekarang ini masih banyak yang kurang mengerti dan paham tentang bagaimana cara mengetahui Mata Ayam Bangkok Aduan yang berkualitas dan bagus itu seperti apa.

    Simak Ulasan Selengkapnya Klik link disamping : https://pemainayam.vip/cara-mengetahui-mata-ayam-bangkok-aduan-yang-bagus/

    Ciri Mata Ayam Bangkok Aduan Yang Bagus
    Klik Link disamping untuk membaca » https://pemainayam.vip/tag/ciri-mata-ayam-bangkok-aduan-yang-bagus/

    ReplyDelete